Jumat, 20 Januari 2012

Mewaspadai Bahaya Internet

Kecanggihan teknologi di zaman sekarang sangat pesat perkembangannya. Sehingga tidak hanya dikota saja kita bisa mendapati berbagai macam jenis teknologi tersebut, bahkan di desa-desa juga sudah banyak tersebar. Namun sayangnya, tidak sedikit dari teknologi tersebut yang dimanfaatkan untuk hal-hal yang negative. Disadari atau tidak, hal tersebut telah berpengaruh terhadap agama seorang.

Pada hakikatnya, kemajuan teknologi adalah kenikmatan dari Allah subhanahu wata'ala, sehingga wajib bagi kita untuk mensyukurinya. Dan apabila kita bersyukur kepada Allah subhanahu wata'ala niscaya Allah subhanahu wata'ala akan tambahkan nikmatNya kepada kita sebagaimana dalam firmanNya (yang artinya) : jika kalian bersyukur niscaya Aku tambahkan nikmat untuk kalian. (QS. Ibrohim :7)

Dan diantara bentuk kita bersyukur kepada Allah subhanahu wata'ala adalah kita manfaatkan teknologi tersebut untuk ketaatan kepada Allah subhanahu wata'ala dan kita hindari hal-hal yang dilarang oleh Allah subhanahu wata'ala. Terlebih dizaman sekarang ini, kemajuan teknologi sudah banyak dicemari dengan berbagai macam kemaksiatan bahkan kesyirikan, maka kita harus banyak berhati-hati dalam memanfaatkannya.

Diantara teknologi yang sudah banyak menyebar di dunia ini adalah internet. Dan jaringan internet ini sudah sangat luas sekali, tersebar di berbagai daerah di seluruh dunia, dan tidak hanya bisa digunakan melalui computer saja, bahkan sekarang bisa digunakan melalui handphone atau yang lainnya.  Sudah banyak pula orang yang menggunakan fasilitas ini, baik dari kalangan orang-orang dewasa sampai anak-anak. Ada diantara mereka yang menggunakannya untuk hal-hal yang positif dan tidak sedikit pula yang menggunakannya untuk hal-hal yang negative. Oleh karena itu kita harus berhati-hati dalam menggunakannya.

Para pembaca yang semoga dirahmati oleh Allah subhanahu wata'ala, dalam mengenal tentang sesuatu, penting bagi kita untuk mengenal sisi baik dan sisi buruknya, sehingga kita bisa lebih mengenal tentang sesuatu tersebut. Jika sesuatu tersebut lebih banyak kebaikannya, tentunya itu adalah hal yang baik, namun sebaliknya apabila sesuatu tersebut lebih banyak keburukannya maka itu adalah hal yang tercela, terlebih lagi apabila sesuatu itu murni keburukan semua, maka tentu itu adalah hal yang sangat tercela.  

Tidak dipungkiri bahwa internet membawa manfaat yang banyak bagi penggunanya, namun efek negative yang ditimbulkan juga tidak kalah banyaknya. Oleh karena itu, hendaklah seorang yang menggunakan internet dia memliki bekal ilmu agama sehingga bisa membentengi dirinya dari melakukan hal-hal yang diharamkan oleh Allah subhanahu wata'ala. Seorang yang dia tidak memiliki ilmu agama, dia akan mudah terjerat dengan berbagai macam keburukan yang ada di internet walaupun awalnya dia tidak ingin melakukannya.

Mengenal tentang keburukan sesuatu itu adalah hal yang penting, karena seorang bisa menjaga dirinya agar tidak jatuh kedalamnya. Betapa banyak seorang terjatuh kedalam keburukan disebabkan karena dia tidak tahu kalau hal itu adalah buruk. Dan yang lebih parah lagi adalah seorang menyangka suatu keburukan dia anggap sebagai kebaikan. Hudzaifah ibnul Yaman pernah mengatakan : dahulu para sahabat banyak yang bertanya kepada Rosulullah shollallahu 'alaihi wa sallam tentang kebaikan-kebaikan, namun aku bertanya kepada beliau shollallahu 'alaihi wa sallam tentang keburukan karena aku takut keburukan itu akan menimpaku. (HR. Al Bukhori dan Muslim)

Diantara bahaya internet yang paling besarnya adalah kesyirikan, yang mana ini sudah tersebar diberbagai macam situs diseluruh dunia dengan berbagai macam bahasa. Sudah kita ketahui bersama bahwa iblis dan bala tentaranya akan terus berusaha untuk menyesatkan anak keturunan Adam 'alaihis salam dari jalan yang lurus. Mereka berusaha dengan berbagai macam cara dan mereka pula menggunakan berbagai macam media untuk melancarkan usahanya. Sehingga tidak sedikit dari keturunan Adam 'alaihis salam yang jatuh dan keluar dari jalan yang lurus lalu mereka mengikuti jalannya syaithon, wal 'iyadzbillah, kita memohon perlindungan dari Allah subhanahu wata'ala dari hal tersebut.

Orang-orang yang mereka telah mengikuti jalannya syaithon, mereka pun berusaha untuk memalingkan manusia dari jalan yang lurus. Mereka mengerahkan berbagai macam upaya yang bisa mereka lakukan untuk hal tersebut. Sehingga mereka itu pada hakekatnya adalah syaithon-syaithon yang berada di tubuh manusia, sebagaimana Rosulullah shollallahu 'alaihi wa sallam sabdakan (yang artinya) : akan muncul setelahku orang-orang yang mereka tidak membimbing dengan bimbinganku, dan mereka tidak melakukan sunnah dengan sunnahku, dan akan muncul pada mereka orang-orang yang hati-hati mereka adalah hati-hati syaithon yang ada didalam jasad manusia. (HR.Muslim dari Hudzifah ibnul Yaman)

Dan diantara upaya mereka untuk menyesatkan manusia dari jalan yang lurus adalah dengan membuat berbagai macam situs yang berisikan kesyirikan. Di situs-situs tersebut mereka menulis berbagai macam artikel yang mengandung unsure kesyirikan atau bahkan ajakan untuk melakukan kesyirikan. Demikian pula mereka memajang berbagai macam gambar-gambar untuk menarik perhatian, kemudian mereka sisipkan dalam gambar tersebut kalimat-kalimat yang mengandung unsure kesyirikan, seperti ditulis di bawah gambar tersebut : barangsiapa yang menyimpan gambar ini di rumahnya maka rumahnya akan aman dari pencuri. Maka ini merupakan kesyirikan yang nyata, karena gambar tidaklah bisa memberikan manfaat sedikit pun dan juga tidaklah bisa menolak bahaya, dan yang mampu melakukannya adalah Allah subhanahu wata'ala semata. Sehingga apabila seorang meyakini hal tersebut, lalu kemudian dia mengambil gambar tersebut dan menyimpannya dalam rumahnya maka sungguh dia telah melakukan kesyirikan, wal 'iyadzubillah, kita memohon perlindungan kepada Allah subhanahu wata'ala dari hal itu.

Ada juga diantara mereka yang membuat berbagai macam model ramalan, baik ramalan dengan bintang, dengan membaca garis tangan, dengan bola kristal atau yang lainnya. Mereka mengaku bisa mengetahui nasib seseorang diwaktu yang akan datang, sehingga apasaja yang ditanyakan kepada mereka tentang masa yang akan datang akan mereka jawab, dan juga mereka mengaku mengetahui tentang hal-hal yang ghoib seperti kapan turunnya hujan atau yang lainnya. Ini juga merupakan bentuk kesyirikan yang nyata, karena tidak ada yang bisa mengetahui tentang apa yang akan terjadi diwaktu yang akan datang kecuali Allah subhanahu wata'ala semata, sebagaimana dalam frimanNya (yang artinya) : Sesungguhnya Allah, hanya pada sisi-Nya sajalah pengetahuan tentang Hari Kiamat; dan Dia-lah Yang menurunkan hujan, dan mengetahui apa yang ada dalam rahim. Dan tiada seorangpun yang dapat mengetahui (dengan pasti) apa yang akan diusahakannya besok. Dan tiada seorangpun yang dapat mengetahui di bumi mana dia akan mati. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal. (QS Luqman : 34).

Kemudian diantara mereka juga ada yang menulis berbagai macam kisah-kisah yang tujuannya untuk mengajak seorang untuk melakukan kesyirikan. Seperti kisah seorang yang dia berdoa di sisi kuburan orang sholih agar dia menyampaikan doanya kepada Allah subhanahu wata'ala, lalu seketika itu pula doanya langsung dikabulkan. Ini juga merupakan bentuk kesyirikan yang nyata, karena doa itu adalah ibadah dan tidak boleh ditujukan kepada selain Allah subhanahu wata'ala. Seorang yang berdoa hendaklah dia langsung berdoa kepada Allah subhanahu wata'ala tanpa melalui perantaraan siapa pun, karena Allah subhanahu wata'ala Maha Mendengar dan Maha Mengetahui. Dan hanya Allah subhanahu wata'ala saja yang bisa mengabulkan doa-doa hambaNya, sebagaimana dalam firmanNya (yang artinya) : dan berkata Robb kalian : berdoalah kalian kepadaKu, niscaya Aku akan kabulkan untuk kalian (doa-doa kalian). (QS.Ghofir :60)

Inilah diantara model atau jenis kesyirikan yang sering muncul di internet, dan di sana masih banyak lagi model yang lainnya. Sehingga kita harus hati-hati dalam menggunakan internet agar kita tidak terjerumus kedalam kesyirikan, karena kesyirikan ini merupakan dosa besar yang paling besar sebagaimana disebutkan dalam riwayat al bukhori dari abu bakroh Rosulullah shollallahu 'alaihi wa sallam bersabda (yang artinya) : dosa besar yang paling besar adalah syirik, dan durhaka kepada orang tua, dan persaksian zuur (palsu).

Dan diantara bahaya internet yang besar pula adalah menyebarnya berbagai macam syubhat (kerancuan) yang disebarkan oleh musuh-musuh islam dari kalangan orang-orang kafir dan tidak sedikit pula yang disebarkan oleh ahli bid'ah. Mereka menulis berbagai macam artikel yang berisikan syubhat-syubhat, walaupun kelihatannya bagus artikelnya namun pada hakekatnya penuh dengan syubhat. Tidak jarang pula mereka menggunakan dalil dari ayat-ayat Al quran dan juga hadits-hadits Rosulullah shollallahu 'alaihi wa sallam sehingga terkesan tulisan yang mereka tulis adalah ilmiyyah (berdasarkan dalil). Namun kenyataannya, mereka palingkan makna ayat atau hadits yang mereka sebutkan, sehingga seolah ayat atau hadits tersebut mendukung apa yang mereka sebutkan. Oleh karena itu, sudah sepantasnya bagi kita untuk memilih situs-situs yang benar-benar mengajarkan agama islam ini sesuai dengan bimbingan Al quran dan As sunnah yang sesuai dengan pemahaman salafus sholih.

Dan diantara bahaya internet yang lainnya, adalah beredarnya situs-situs porno dan juga gambar-gambar yang mengumbar aurot. Bahkan terkadang mereka menjadikannya sebagai iklan diberbagai situs, sehingga banyak orang yang terjerat padanya. Tidak diragukan lagi bahwa ini adalah diantara sebab yang bisa menjadikan zina semakin merajalela, padahal Allah subhanahu wata'ala telah melarang darinya sebagaimana dalam firmanNya (yang artinya) : dan janganlah kalian mendekati zina, sesungguhnya zina itu merupakan perbuatan yang keji dan suatu jalan yang buruk. (QS. Al isro : 32)

Disamping itu pula, melihat aurot orang lain adalah tidak diperbolehkan terlebih lagi apabila melihat aurot lawan jenisnya, Allah subhanahu wata'ala berfirman (yang artinya) :  Katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman: "Hendaklah mereka menahan pandanganya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat. Katakanlah kepada wanita yang beriman: "Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung kedadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka, atau putera-putera suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara lelaki mereka, atau putera-putera saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita islam, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. Dan janganlah mereka memukulkan kakinyua agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung. (QS. An nur : 30-31)

Namun sangat disayangkan, disana ada sebagian orang yang beranggapan bahwa situs-situs porno tersebut hanya khusus 17 tahun keatas. Sehingga menurut mereka bagi orang yang sudah berumur 17 tahun keatas boleh untuk melihatnya, ini merupakan anggapan yang keliru dan sangat bertentangan dengan Al quran dan juga Al hadits.

Kemudian yang perlu diwaspadai pula adalah beredarnya sarana-sarana komunikasi yang beraneka ragam jenisnya lewat fasilitas internet, komunikasi ini lebih dikenal dengan istilah chating. Seorang bisa berkenalan dengan orang lain dan juga ngobrol dengannya melalui sarana ini. Dan dari sinilah muncul berbagai macam keburukan, diantaranya penipuan, adu domba, menjadi sebab terjalinnya hubungan diluar nikah (zina), dan yang lainnya. Tidak sedikit orang yang sudah menjadi korban darinya, baik ditipu oleh orang lain, menjadi bermusuhan dengan orang lain, cerai dengan istrinya, ditinggal lari oleh suamunya, bahkan ada yang sampai terjerumus kedalam perzinaan hanya sebab berkenalan dengan orang lain di internet. Dan bahkan mungkin bisa menyebabkan seorang keluar dari agamanya, wal 'iyadzubillah. Oleh karena itu kita harus berhati-hati dalam menggunakan fasilitas ini.

Adapula diantara mereka (musuh-musuh islam) yang menyebarkan hal-hal yang melalaikan seperti games, dongeng, dan yang lainnya. Sehingga kita dapati sebagian kaum muslimin mereka masih asyik bermain internet walaupun adzan sudah dikumandangkan, seolah mereka tidak mendengar adzan.. Inilah diantara bahaya internet yang.mungkin bisa kita sebutkan, dan disana masih banyak lagi yang lainnya. Mudah-mudahan yang sedikit ini bermanfaat bagi kita semuanya. Wallahu A'lam bish showab

penulis : abu ali banyumas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar